Jumat, 13 Mei 2011

Srikaya


SRIKAYA NEW VARITAS

Srikaya New Varietas

Srikaya New VarietasDikalang penggemar tanaman buah,  jenis srikaya jumbo atau sering disebut srikaya new varietas sudah tak asing lagi. Sebenarnya di pasaran terdapat berbagai jenis srikaya lainnya, seperti srikaya gundul, srikaya merah, srikaya non biji srikaya afrika (pride of Africa) dan masih banyak lagi. Yang membedakan srikaya jenis ini dengan srikaya lokal adalah terletak pada sosok tanaman yang kokoh, dengan ukuran daun lebih besar, dan tentu saja buah yang lebih besar dari buah srikaya lokal.
 Sarikaya new varietas yang termasuk famili Annonaceae memiliki ukuran yang sangat besar, dengan berat dapat mencapai 800 gram maka banyak juga orang yang menjuluki srikaya new varietas ini dengan nama srikaya jumbo. Selain ukurannya yang besar, srikaya new varietas memiliki biji dengan jumlah sedikit dan rasa buah yang manis segar dan lembut bertepung.
Srikaya new varietas memiliki sifat genjah dan adaptif untuk ditanam baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Dengan perawatan yang baik tanaman srikaya dapat memiliki bentuk tajuk yang indah.

Bertanam Srikaya New Varietas

 Srikaya new varietasi cocok untuk di kebunkan ataupun sekedar untuk koleksi tanaman di rumah.
Srikaya New Varietas memerlukan banyak sinar matahari dan air. Jika tanaman akan di tanam di dalam pot, media tanam dapat dibuat dengan mencampurkan pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan dan campur merata 50 gram pupuk NPK 15-15-15 jika diinginkan untuk pertumbuhan bibit yang lebih baik di dalam drum / pot berukuran 60 Cm.
Untuk membentuk tajuk yang rindang, pembentukan cabang dapat dilakukan dengan melalui pemangkasan daun pada batang pokok bibit yang nantinya akan merangsang pertumbuhan cabang baru pada tanaman.
Walaupun srikaya new varietas tergolong tanaman genjah,  janganlah cepat tergoda untuk membuahkan tanaman pada bibit dengan usia muda dengan ranting berukuran kecil, ukuran buah yang besar dapat berpotensi mematahkan ranting berukuran kecil.
Walaupun Srikaya new varietas dapat berbuah tanpa mengenal musim, perangsangan pembentukan buah dapat dilakukan dengan perontokkan daun. Bunga nantinya akan bermenculan mengikuti tumbuhnya tunas baru.


Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar