Jumat, 13 Mei 2011

Mangga


MANGGA CARABAO

Seorang petani di desaku di Indramayu sana nanya padaku: ” Kenapa Mas, mangga Indramayu yang seenak dan sebesar ini kok nggak bisa diekspor ke Eropa?”. Akupun tersenyum makfum, rasanya sudah puluhan kali aku mendapat pertanyaan seperti ini. Terkadang aku malas menjawabnya, karena ujung-ujungnya bisa ditebak, dia pasti ‘ngeyel’.
Strateginya aku akan mencoba dengan membandingkan mangga Gedong Gincunya yang berhasil dia jual ke pengekspor. “Tapi tetep masih enak mangga Indramayu, mas” (tuh kan ngeyel) “Itu menurut selera bapak” jawabku “Trus warnanya, gimana?” Dia bengong “Apa hubungannya, Mas?” Itulah permainan persepsi, orang kita sudah terbiasa dengan beraneka ragam buah tropis, bagi kita, buah apa saja enak kalau manis! Bagaimanapun tampak bentuknya, apalagi warnanya, kita nggak peduli.
Sedangkan  konsumen kita lain (orang Eropa. red), mereka terbiasa dengan buah-buahan 4 musim. Kalau mau melihat yang manis ya dari warnanya – Yellow or red is sweet. Warna mampu menunjukkan tingkat  kematangan, sekaligus kemanisan buah. Jelas, atau masih ngeyel? Mangga Carabao (dari Philipina – lihat gambar) adalah salah satu contoh yang bagus. Buahnya luar dalam semuanya berwarna kuning cerah. Mampu menggoda lidah orang Eropa. Namun sejak diperkenalkan di Indonesia, mangga yang satu ini tidak banyak mendapat respon dari pekebun kita, bahkan cenderung dicuekin. Padahal dari buah yang satu ini, Philipina menjadi salah satu pemasok terbesar mangga di pasaran dunia. Jadi ya monggo, berarti kita harus mau mengubah persepsi kita dan disesuaikan dengan yang dimaui konsumen? begitu. Itupun masih ada yang ngeyel dan coba-coba teriak lewat iklan-iklan mereka di Eropa bahwa ‘Green is Sweet!’. Waduh, perlu berapa puluh tahun untuk mengubah persepsi mereka.

MANGGA BRAZIL

Mangga Brazil

 Mangga  Brazil memiliki buah berukuran besar dan tampilan warna kulit yang menarik. Mangga Brazil memiliki warna daging buah kuning muda sedikit berair dan terasa manis.
Diambil dari berbagai sumber.


MANGGA FALAN

Mangga Falan

Mangga FalanMangga Falan atau mangga Thunder memiliki buah berwarna hijau, bentuk memanjang berujung runcing. Buah muda mangga Falan memiliki rasa manis renyah / crispy sedangkan buah tua tetap berwarna hijau dengan rasa sangat manis. Mangga Falan memiliki bobot buah 250 – 400 gram.
Pohon mangga Falan tumbuh dengan ketinggian relatif rendah, mambentuk kanopi terbuka dan akan mulai berbuah umur 2 tahun dari bibit. Mangga Falan adalah tanaman genjah, seperti tabulampot mangga falan di pembibitan setinggi 70 Cm yang sampai saat ini belum pernah berhenti berbuah.
Falan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti Thunder. Varietas ini diberi nama Thunder karena kecenderungan buahnya akan membelah setelah terjadi badai atau hujan lebat. Oleh sebab inilah mangga Falan harus terhindar dari hujan badai saat mendekati panen dan penghentian irigasi sebelum panen.
Untuk membuahkan mangga Falan di luar musim, petani di utara Thailand biasa menggunakan potassium nitrate (KNO3) dan hormon Paclobutrazol.

MANGGA GOLEK INDIA

Mangga Golek India

 Mangga golek India memiliki bentuk seperti mangga golek biasa tetapi dengan buah yang berukuran besar serta memiliki rasa manis, memiliki aroma khas, dan dengan biji sangat tipis. Berat buah Mangga Golek India dapat mencapai 1,5 Kg/buah !!
Pohon Mangga Golek India tumbuh dengan daun panjang dan lebar serta memiliki ketinggian relatif rendah. Pohon Mangga Golek India memiliki sifat genjah, pada umur 20 bulan tanaman dapat mulai berbuah dan pada usia 4 tahun produksi pohon dapat mencapai 60 buah/pohon.
Mangga Golek India akan sangat menarik bila dijadikan tabulampot. Buah yang besar menggelantung tentu akan menarik bukan saja mata tetangga, tetapi juga memerlukan pengawasan ketat dari mata istri yang sedang nyidam hamil muda…..wkkwkkwkkkk

Menanam Mangga Golek India

Menanam mangga Golek India di tanah sama mudahnya dengan menanam buah mangga lainnya ‘tanam dan lupakan’ sampai 20 bulan kemudian kita akan mendapatkan souvenir ‘luar biasa’ dari kebun kita.
Menanam Mangga Golek India dapat dimulai dengan menyiapkan lubang tanam berukuran 60x60x60 Cm. Masukkan 20Kg pupuk kandang yang telah dicampur 500 gr NPK 15-15-15. Diamkan lubang selama 1- 2 minggu agar cukup medapat sinar matahari dan menghilangkan gas-gas dan mjikroorganisme yang mungkin dapat merugikan pertumbuhan tanaman. Jika memungkinkan pilihlah pupuk kandang ayam, pupuk kandang ayam memiliki kandungan unsur hara nitrogen yang lebih tinggi yang diperlukan bibit tanaman untuk awal pertumbuhan.

MANGGA HARUM MANIS GAJAH

Koleksi Mangga Harum Manis JUMBO

referensiTidak seperti tampilan mangga harum manis pada umumnya, mangga Harum Manis Jumbo tampil dalam ukuran ‘gajah’ sehingga sering disebut juga dengan sebutan mangga Harum Manis Gajah. Berat buah mangga harumanis gajah dapat mencapai 800 – 1000 gr/buah.
Pada saat tulisan ini dibuat, harga buah mangga harum manis jumbo di supermarker dapat mencapai Rp. 14.900,- /kg sementara buah mangga lainnya berkisar di bawah harga Rp. 11.000,-
Gambar diambil dari: http://travel.webshots.com/photo/1099420009041088846C

MANGGA APEL MERAH

Mangga Apel Merah

Salah satu jenis mangga yang  disukai untuk dijadikan tabulampot adalah mangga apel karena memiliki sifat yang sangat genjah yang dapat berbuah terus menerus sepanjang tahun tidak mengenal musim setelah berumur 2 tahun dari bibit hasil okulasi.
Mangga apel terdiri dari 2 jenis yakni mangga apel hijau dan apel merah. Mangga apel hijau memiliki kulit berwarna hijau kebiruan dimana pada saat buah masih muda, kulit buah akan dilapisi lapisan lilin. Setelah mangga apel hijau matang, warna kulit buah buah akan berubah menjadi kekuningan dengan daging buah berwarna oranye dan memilik aroma mangga gedong tetapi bertekstur daging halus dengan rasa manis sedikit asam.
Berbeda sengan saudaranya mangga apel hijau, mangga appel merah memiliki kulit buah yang berwarna merah mencolok seperti gincu dengan semburat kuning tetapi memiliki ketebalan kulit lebih tipis. Daging buah mangga apel merah juga lebih terasa manis dibandingkan dengan saudaranya mangga apel hijau tetapi sama-sama memiliki aroma harum dan bertekstur lebih manis.

Petik Ketika Matang

 Mangga apel merah adalah mangga yang paling nikmat dikonsumsi ketika mangga matang di pohon, pada kondisi inilah rasa unik mangga akan terasa lebih manis dan lezat melebihi kelezatan mangga Gedong Gincu.
Di Jepang, keluarga mangga apel merah akan dikonsumsi ketika buah sudah jatuh dari pohon. Petani di daerah Kumamoto akan memasang jaring pada buah, sehingga pada saat buah yang matang jatuh, buah tidak rusak dan dapat langsung dijual di dalam box kertas yang disusun rapi.








MANGGA BRAZIL

Mangga Brazil

 Mangga  Brazil memiliki buah berukuran besar dan tampilan warna kulit yang menarik. Mangga Brazil memiliki warna daging buah kuning muda sedikit berair dan terasa manis.
Diambil dari berbagai sumber.


MANGGA CHOKANAN

Pilihan Keluarga Bertanam Buah Di Dalam Pot – Mangga Chokanan

 Mangga Chokanan berasal Thailand.  Di Thailand mangga ini biasa dimakan bersama ketan.
Mangga Chokanan akan terasa sangat manis jika dipanen pada kondisi matang yang tepat. Karena rasanya yang manis seperti madu, mangga  ini kadang-kadang disebut juga sebagai mangga madu. Chokanan merupakan mangga favorit untuk di makan sebagai mangga hijau karena rasanya yang tidak asam.
 Mangga Chokanan adalah varietas mangga yang paling mudah berbuah di tabulampot (genjah). Pada usia 3-4 bulan maksimal 1 tahun bibit asal okulasi yang ditanam di pot dapat mulai menghasilkan buah berwarna kuning yang akan mempercantik halaman rumah anda, asal pemberian  pupuknya utamanya seperti pupuk kandang dan  pupuk NPK diperhatikan.
Hal lain yang disukai dari pohon mangga chokanan adalah pohon mangga ini dapat terus berbuah selama musim hujan
Mangga Chokanan yang ditanam di tanah perkebunan dapat memiliki produktivitas tinggi hingga mencapai 120 kg/pohon/tahun

Rekomendasi Chokanan Untuk Hobiis Pemula

Chokanan memang luar biasa. Varietas asal negeri Siam itu gampang berbuah meski minim perawatan. Bila ditanam di pot, genjah. Seringkali baru 3-4 bulan dirawat sudah belajar berbunga dan berbuah,  Bahkan, pada bibit berukuran 60-75 cm-setara 5 bulan setelah okulasi-tanaman langsung berbuah 3 bulan kemudian. chokanan mangga paling mudah berbuah di tabulampot. Maksimal 18 bulan tahun bibit asal okulasi yang ditanam di pot mulai berbuah. Yang istimewa, buah pertama berkualitas prima. Rasanya manis, lembut, segar, dengan tekstur agak berserat. Panen pertama dipetik 3-7 buah.
Secara genetik chokanan memang bersifat genjah. Periode pertumbuhan dari tanaman muda, remaja, hingga dewasa pendek. Biasanya mata tunas diambil pada Mei dan Juni, bulan-bulan mangga memasuki periode menjelang berbunga. Berdasarkan pengamatan, tabulampot chokanan asal bibit okulasi berukuran 50 cm berbuah kurang dari 1 tahun. Karena sifatnya yang bandel, tak sulit menghasilkan tabulampot chokanan yang prima dan rajin berbuah. Kunci pertama, pastikan bibit yang ditanam benar-benar chokanan.
Setelah di tanam di dalam pot, siram tabulampot chokanan 1 hari sekali dan beri pupuk teratur. Setiap bulan dapat ditambahkan 1 gelas kemasan air mineral guano untuk merangsang pembentunkan bunga. Guano dapat diganti dengan NPK 16:16:16 sebanyak 1 sendok teh. Dengan perlakuan itu chokanan berbunga 6-8 bulan kemudian tergantung ukuran bibit.
Agar bunga yang muncul tak rontok dan kering, frekuensi penyiraman ditingkatkan menjadi sehari 2 kali: pagi dan sore. Dua bulan kemudian bunga itu berubah menjadi buah yang siap dipanen. Ah, mudahnya menikmati chokanan pot di rumah sendiri.

MANGGA GOLEK MALAYSIA

Mangga Golek Malaysia

 Seperti halnya Mangga Golek asal Indonesia, mangga Golek asal Malaysia juga berukuran besar dengan panjang buah dapat mencapai 30 cm. Bentuk buahnya pipih dan agak melengkung dengan berat rata-rata 0,5 – 0,6 kg. Rasa dan bau mangga Golek tidak sekeras Arumanis, tetapi lebih lemah. Kulit buah berwarna hijau muda yangberubah nenjadi kuning kemerahan waktu buah masak.




MANGGA GREEN BOMBAY

Mangga Hijau Dari India

Mangga Green Bombay sebenarnya bukan varietas baru di Indonesia, varietas ini tercatat sudah dimiliki pecinta tanaman buah di Medan dan Jakarta pada tahun 1985 dimana bibitnya didatangkan dari Thailand. Penamaan Green Bombay sendiri pada mangga ini oleh para pecinta tanaman didasari pada warna kulit mangga yang akan tetap hijau sehijau kulit mangga arumanis mentah walaupun mangga Green Bombay ini sudah matang. Untuk mengetahui apakah mangga Green Bombay sudah matang atau belum, kita perlu mengandalkan indra penciuman dan sedikit tekanan pada buah untuk mencium wangi buah dan melunaknya daging buah.
Tampilan Mangga Green Bombay hampir seperti mangga kelapa dengan ukuran buah yang sedikit lebih kecil. Dengan ukuran buah yang cukup besar maka buah mangga ini di pohonnya cenderung tidak membentuk dompolan buah seperti halnya mangga Chokanan, tetapi akan tampil menyendiri (solitair) pada ujung ranting (terminal).

Genjah Seperti Mangga Chokanan

Seperti kerabatnya Chokanan, mangga Green Bombay adalah mangga yang memiliki sifat genjah. Kebanyakan mangga varietas genjah dapat berbuah pada usia 2 tahun tanam jika di tanam melalui bijinya, tetapi di kebun ada bibit setinggi 60 Cm di dalam polybag yang sudah berbunga

Langka Seperti Yuwen

Mangga Green Bombay adalah mangga yang sulit ditemui keberadaannya di banyak nusery di kota besar.

Highly Recomended

Green Bombay adalah mangga yang memiliki tidak saja tampilan yang hijau menawan, tetapi juga daging buahnya yang manis lezat tidak berserat serta tampilan buah yang besar membuat mangga ini layak di jadikan tanaman buah koleksi.
Green Bombay merupakan varietas mangga yang sangat direkomendasikan untuk ditanam baik di lahan pekarangan, kebun, maupun untuk dijadikan koleksi di dalam tabulampot.
Diambil dari berbagai sumber.

2 komentar:

  1. mas sy mau nanya apa bs 3bibit mangga cangkokkn ditanam menjadi 1 dlm wadah pot atau drum??mksh

    BalasHapus