Jumat, 13 Mei 2011

Leci


LECI

Leci Pencegah Darah Tinggi




Satu diantara buah – buahan eksotik yang harganya relatif mahal adalah leci. Tak jarang hanya konsumen tertentu yang bisa menikmatinya.
Leci merupakan tanaman subtropis yang termasuk ke dalam famili Sapindaceae atau soapberry. Dikenal dengan beberapa istilah, seperti lichi, litchi, lichee, laichi, leechee, atau lychee. Buah leci memiliki harga jual yang tinggi, baik dalam keadaan segar maupun dalam bentuk olahan.
Hal yang sangat menarik perhatian dari komposisi mineral leci adalah perbandingan antara potasium (K) dan sodium (Na) yang sangat tinggi, yaitu 171:1. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena makanan olahan yang kita konsumsi sehari-hari umumnya mengandung Na tinggi, tetapi sangat rendah K.
Kalium (disebut juga sebagai potasium) sangat berperan penting dalam meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Tabulampot Leci

Untuk tabulampot leci, sebaiknya gunakan wadah tanam berupa drum atau pot dengan ukuran agak besar.  Sebagai pedoman, bibit dengan tinggi 60 – 75 cm dapat menggunakan drum dengan diameter 50 – 60 cm. Drum ini harus diberi lubang-lubang kecil di bagian dasarnya, kemudian diberi ganjalan berupa batu bata atau batako, sehingga pembuangan air penyiraman lancar.
Media tanam dapat digunakan berupa campuran pupuk kandang, pasir, dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Yang perlu diketahui, tabulampot sangat sensitif terhadap media tanam yang memadat, yang mengakibatkan daun cepat mengering lalu rontok. Oleh karena itu, disarankan menggunakan media tanam berupa pupuk kandang seluruhnya. Lebih baik lagi jika pupuk kandang tadi diberi insektisida Furadan 3 G sebanyak 100 gram per drum. Ini untuk mencegah serangan hama.




LECI CEBOL

Dwarf Lechee – Leci Cebol UntukDataran Rendah

 Bibit pohon dwarf lechee yang merupakan salah satu varietas leci dataran rendah, setelah leci Kom.
Dwarf lecheemerupakan salah satu varietas leci yang berasal dari wilayah Cina Selatan yang adaptif di dataran rendah dan panas. Dwarf lechee sangat cocok untuk dijadikan tabulampot karena varietas leci unggul ini memiliki tajuk yang kompak dengan sosok yang  pendek, sesuai dengan arti dwarf yang berarti cebol/kerdil. Pada usia sekitar 20 tahun ketinggian pohon leci dwarf pun hanya setinggi 4-5 meter saja – sedikit lebih tinggi dari plafond atap rumah 1 lantai.
Leci dwarf adalah salah satu varietas leci yang dapat  dipanen buahnya pada umur pohon sekitar 3-4 tahun, dengan bibit hasil cangkokan tentu leci ini dapat lebih cepat memasuki fase generatifnya. Pada umur 5 tahun, pohon lecidwarf yang di tanam di tanah dapat menghasilkan dompolan buah sekitar 25 kg. Terlihat pohon leci dwarf yang berbuah di dalam pot pada gambar di atas (Klik gambar 2X untuk mendapatkan gambar yang lebih besar)
Bila leci dataran tinggi membutuhkan udara dingin 10-12 derajat di malam hari selama sekitar 50-100 jam supaya berbunga yang menjadi cikal dari buah, leci kom hanya memerlukan 30-50 jam suhu 15-20 derajat untuk membentuk cikal bakal buah. Kondisi suhu seperti ini dapat terjadi di Jakarta pada musim penghujan akhir-akhir ini, atau jika dikehendaki penyemprotan dengan air es pada malam hari selama beberapa waktu dapat juga dicoba untuk diaplikasikan untuk menstimulasi munculnya bunga pada varietas ini.

Buah Leci Dwarf


Diambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar