Jumat, 13 Mei 2011

Jambu Batu


JAMBU GETAS MERAH

Demikian dahsyatnya buah Jambu Biji, sampai ada hadistsnya sgala. Thalhah menyatakan: Nabi SAW pernah memberikan padaku sebutir buah Safarjal dan berkata: “Makanlah ini, karena buah ini bisa melembutkan hati” (HR Ibnu Majah). Berarti Safarjal atau Quence (sejenis jambu biji) mampu sekaligus menyembuhkan lahir batin kita! Bayangkan aja, selain mampu menaklukkan ganasnya DB, kandungan vitamin C-nya bisa sampai 6 kalinya buah Jeruk lho, eeh… ternyata masih mampu pula melembutkan hati kita! Ckkkk ckkkk ckk……
Namun ternyata, begitu banyak orang yang tidak tahu bahwa hanya bibit F1 (bibit silangan dari turunan pertama) yang berhak diperbanyak, dikembangkan dan ditanam. Misalnya saja Buah Jambu Bangkok dulu begitu unggul dan diagungkan, sekarang orang males menanam karena berulat. Bagaimana tidak berulat….Jambu Bangkok yang sekarang sudah yampek F256 (cara ngitungnya F1 trus F2 trus F4 trus F8….gitu). Soalnya habis makan, langsung ditanam…..dan seterusnya…..sampek turunan 256…soalnya makin jauh makin rapuh….
Kalo mau melihat sisa kejayaan Jambu Bangkok ya pada kreativitas orang RC Getas Salatiga (sayang kini meninggalkan hortikultura sebagai basic penelitian dan berfokus pada Karet yang sedang booming) menyilangkan F1nya dengan jambu lokal kita yang merah sehingga sekarang ini ada Jambu Getas Merah yang ampuh ngobatin Demam Berdarah!….

JAMBU MUTIARA

Jambu Kristal Mutiara Kerawang

 Salah satu varietas jambu getas kristal (Psidium guajava) yang direkomendasikan untuk ditanam di dalam pot adalah jambu mutiara kerawang. jambu mutiara kerawang memiliki sifat genjah, rajin berbuah, dan dapat berbuah lebat di dalam pot drum. Jambu mutiara kerawang juga cocok dikebunkan karena memiliki nilai ekonomi yang baik.
Buah jambu Mutiara Karawang yang manis dan renyah ini cenderung tidak berbiji serta memiliki banyak kesamaan dengan jambu sukun asal taiwan.
Berbeda dengan familinya jambu sukun lokal yang berukuran relatif kecil dan memerlukan waktu yang agak lama berbuah ketika ditanam dari bibit, jambu Mutiara Kerawang memiliki ukuran buah yang jauh lebih besar dan cepat berbuah.

Budidaya Jambu Kristal Mutiara Kerawang

Jika anda tertarik membudidayakan jambu Mutiara Kerawang atau jambu biji lainnya, mungkin anda dapat menguduh materi berikut:

Tabulampot Jambu Mutiara Kerawang



























JAMBU PEAR

Pilihan Bertanam Buah Di Dalam Pot – Jambu Pear

Jambu peer/pir memiliki bentuk penampilan selayaknya buah pear. Keistimewaan dari jambu ini adalah jumlah biji yang ada di dalamnya relatif sedikit jumlahnya dibanding jambu biji lainnya dan seringkali didapati tanpa biji.
Jambu pear layak menghiasi pekarangan rumah kita, karena selain rasa daging buah yang renyah, manis dan segar, tanaman jambu pear akan membuat mata siapapun enggan berkedip menikmati keindahan bentuk buahnya.

JAMBU VARIEGATA

Jambu Biji ‘Warna’ Variegata

Jambu biji variegata termasuk langka, unik, dan menarik. Sebutan jambu biji variegata dikarenakan dalam satu tanaman ada tiga warna daun yang berbeda, yaitu daun berwarna hijau tua polos tanpa belang-belang, hijau belang-belang putih, atau hijau belang-belang merah. Tanaman ini merupakan hasil mutasi tanaman dari varietas jambu biji Kampuchea.
Meskipun begitu perlu dijaga dominanitas tanaman, bila muncul tunas daun hijau, maka diperhatikan/dimonitoring perkembangannya.
Buah jambu biji variegata memiliki bentuk bulat simetris dengan diameter sekitar 4 cm dan memiliki berat buah sekitar 15 -18 gram / buah.
Jambu biji variegata adalah tanaman yang sangat cocok dijadikan tabulampot karena jambu biji variegata memiliki buah sangat banyak dan lebat serta memiliki penampilan unik, indah, dan menarik.
Info jambu variegata:
  • Warna kuning muda bergaris hijau, sama dengan warna daunnya
  • Warna daging buah merah, berbiji
  • Rasa manis
  • Mulai belajar berbuah umur 8 bulan dari bibit

Buah Jambu Variegata

Diambil dari berbagai sumber.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar