Jumat, 13 Mei 2011

Delima


DELIMA SPANYOL (DELIMA BIJI LUNAK)

Ada satu kata dalam bahasa Inggris yg sdah ngetrend, bahkan putri kecil saya si Salsa lancar menyebutkannya karena dulu diiklankan berulang2 di TV. Kata itu: Pomegranate….Ingat? Artinya buah DELIMA. Si Ratu anti oksidan. Dan terbukti juga kaya akan ellagitannin, sejenis bahan kimia yg jago menahan produksi enzim aromatase. Enzim inilah pemicu pertumbuhan sel tumor dan kanker payudara!
Sayangnya kita jarang yg kenal dan pernah memakannya; meski manis, tapi terasa pahit bila digigit karena mengandung banyak biji dan keras pula!
Kemudian muncullah Delima tanpa biji, tapi disambut dingin aja. Bagaimana tidak, wong justru biji Delima itulah simbol dari kesuburan dan kemakmuran bagi sebagian besar orang2 Asia.
Nah yang terbaru nich muncul “Delima Spanyol atau Delima biji lunak” Delima hasil rekayasa genetika dng cara menyuntik Delima biasa dng giberelin. Hasilnya bijinya jdi lunak, berair dan terasa maniiis (tanpa rasa asam lagi). Kulit buahnya juga cantik dan khas berwarna kuning kemerahan….Woooww bibitnya jlas seksi untuk koleksi.
Yang DAHSYAT dan bikin merinding……Delima disebutkan sebanyak tiga kali dalam kitab suci sebagai salah satu buah yg akan dijumpai di SURGA!!!!!!



DELIMA HITAM

Delima Hitam (Wulung)

Ada cerita indah dari Tanaman Buah Mekarsari yang berhasil melelang  tanaman buah dalam pot delima hitam seharga Rp 25 juta. Harga jual setinggi itu, menurut Reza, Kepala Divisi Operasional merangkap Ketua Tim Staf Ahli di Taman Buah Mekarsari, selain “membeli” keindahan tanaman delima yang sedang berbuah, juga karena terkait kepercayaan keberuntungan apabila memiliki tanaman buah delima hitam yang sedang berbuah.
Dengan bibit asal cangkokkan yang di tanam pada media tanam buatan yang merupakan campuran antara serbuk gergaji dan chicken manure yang difermentasi selama 4 minggu menggunakan STARDEC, tampak pohon delima tumbuh dengan subur sampai suatu saat mulai menampakkan munculnya bakal bunga.

Penyiraman

Penyiraman tanaman delima koleksi dilakukan 1X sehari dan ditingkatkan menjadi 2X sehari saat tanaman berbunga. Peningkatan frekuensi penyiraman diperlukan bukan saja oleh tanaman delima yang sedang berbunga, tetapi juga diperlukan oleh kebanyakan tanaman untuk mencegah kerontokkan bunga.

Pemupukkan

Masih di dalam Polybag 30 Cm, pemupukkan pohon delima dilakukan secara intensif menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 1 sendok makan yang diberikan setiap 2 minggu sekali, bergantian dengan pupuk hayati EM4 dan penyemprotan pupuk-hormon HANTU / RATU Biogen dan pemupukkan ini dihentikan sementara ketika bakal bunga muncul untuk menghindari kerontokkan bunga.

 Semut Yang Menyebalkan Tapi Diperlukan

Koloni semut dapat banyak ditemui disekitar perakaran tabulampot koleksi AgroMono.Hort . Masalah koloni semut adalah masalah yang paling menyebalkan bagi Agromono.Hort di dalam merawat tabulampot, bukan saja karena menggangu keindahan tetapi semut ini juga kerap beternak kutu putih di tunas-tunas daun muda tabulampot. Tetapi suka atau tidak suka, semut adalah bagian dari keseimbangan ekosistem yang kehadirannya diperlukkan untuk membantu proses penyerbukkan bunga tabulampot.
Untuk inilah kita harus menaruh perhatian lebih pada serangga kecil yang gemar menjelajahi seluruh ranting dan daun tabulampot koleksi. Hal yang dapat dilakukan ketika semut ini mulai berternak kutu putih dan kutu-kutu lainnya adalah mengatasinya dengan semprotan air bertekanan menggunakan selang, dengan cara ini kutu putih akan terbilas dan akan mati kelaparan di dak beton yang panas. Lupakan saja cara mengatasi kutu putih dengan menggunakan sikat dan sabun. Tanpa pengontrolan, semut akan menjadi vektor hama bagi tanaman, tetapi dengan pengontrollan kita dapat memanfaatkan semut sebagai agen penyerbuk pada tabulampot kita.

From Nothing to Something

Secara perlahan warna merah pada bunga delima akan berubah menjadi kehitaman pada pangkal bunganya dan bagian yang berwarna hitam akan mulai berisi dan membesar membentuk buah delima hitam yang konon akan membawa keberuntungan bagi pemiliknya ini.
Minggu depan seri pemupukkan menggunakan NPK, EM4, dan pupuk-hormon Hantu / Ratu Biogen akan kembali diberikan pada tanaman delima hitam sambil menunggu kembali keberuntungan menikmati keindahan tanaman eksotik ini.

Delima Jumbo Royal Pom

Ukuran buah delima Royal Pom sangat luar biasa besarnya, dengan berat buah yang dapat mencapai berat lebih dari 500 gram, delima aussy ini dapat membuat bola tenis terlihat sangat kecil jika berada di sampingnya  .
Berbeda dengan warna kulit buah delima merah lokal yang kuning bersemu kemerahan, Royal Pom memiliki kulit buah berwarna merah ruby yang sangat indah dilihat.
Untuk rasa buah,  Royal Pom adalah buah delima dengan rasa terlezat dan rasa manis segar penuh cita rasa mengiringi tiap sendok daging buah / pulp di dalam mulut.Tidak perlu ditanya lagi bagaimana rasa sari buah dalam bentuk juice ….
 Buah delima adalah buah yang banyak mengandung senyawa polyphenol, polyphenol adalah anti oksidan yang dapat membantu melepaskan radikal bebas yang diterima tubuh dari udara yang terkena polusi, alkohol, sinar matahari, tembako dan pestisida yang dapat menghancurkan jaringan tubuh kita dan menyebabkan sakit jantung, kanker, dan penuaan dini.
Delima juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C, potassium, folic acid dan zat besi. Menurut literatur, satu buah delima seberat kira-kira 154 gram dapat mensuplay sekitar 439 kilojoules energi (105 kalori) untuk tubuh.
Diambil dari berbagai sumber.



1 komentar:

  1. Saya tertarik sama delima jumbo, mau beli bibitnya dimana ya, mohon informasinya, terima kasih.

    BalasHapus