Jumat, 13 Mei 2011

Jambu Air


JAMBU BLACK DIAMOND

Jambu Air Black Diamond
Salah satu varietas jambu air yang dapat ditemui di pasar swalayan di Jepang dan Korea adalah varietas jambu air Black Diamond yang diimpor dari Taiwan.
Tampilan jambu Black Diamond sangat cantik, warna merah kehitaman dari buah ini seolah sudah menyiratkan manisnya rasa dibalik daging renyah “Java Apple” ini
Seperti halnya kebanyakan jambu air, jambu air Black Diamond akan tumbuh optimal jika ditanam di daerah dengan curah hujan rendah/kering sekitar 500–3.000 mm/tahun dan musim kemarau lebih dari 4 bulan. Menanam jambu air di daerah kering akan menghasilkan buah yang besar dan renyah sepertihalnya jambu air Cincalo Gondrong yang ditanam di desa gondrong Tangerang), Jambu Kelampok Camplong dari Madura, dan Jambu Bandar dari Kepulauan Bangka.
Jambu air Black Diamond menyukai tanah subur yang mengandung banyak bahan organik dengan keasaman tanah (pH) 5.5 – 7.5, kondisi ini dapat diperoleh dengan memberikan kompos atau pupuk kandang yang sudah matang pada saat penanaman dan pemupukkan berikutnya disekitar perakaran tanaman.

Sumber:



JAMBU AIR KING ROSE

Jambu Air King Rose

 Jambu air King Rose memang bukan varietas jambu air terbesar yang dapat ditemui di tanah air. Ukuran King Rose tidak sebesar jambu Bandar di Pulau Bangka yang memiliki buah seukuran mangga golek,  namun King Rose adalah jambu ‘raksasa’ yang konon kabarnya dengan rasa termanis yang pernah  ada.
King Rose banyak diperdagangkan dalam kelompok buah ‘mewah’, tidak jarang King Rose dapat ditemui di supermarket/hypermarket di Jakarta dengan harga semahal anggur Red Globe.
King Rose termasuk dalam keluarga “Syzigium Samarangense”, yaitu keluarga jambu air dengan rasa manis.

JAMBU LILIN HIJAU

Jambu Lilin Hijau

Jambu Lilin HijauJambu lilin hijau merupakan tanaman asal dari Cikampek, Jawa Barat. Keunggulannya tidak berbeda dengan jambu lilin merah, yaitu rasanya manis dan produksinya yang tinggi. Bila dimakan terasa ada bunyi ‘kresss’. Nikmat bener. Namun, rasa manis ini belum bisa dirasakan jika buah masih muda. Pada saat buah masih muda rasanya sepat.
Dibanding jambu lilin merah, produksi buah jambu lilin hijau lebih banyak. Bentuknya mirip jambu lilin merah. Warnanya hijau gelap. Buahnya berdiameter 3,2 cm, panjang 4,5 cm, dan memiliki 1-2 biji.
Seperti pada umumnya pohon jambu air, jambu air lilin hijau  mampu tumbuh di hampir semua wilayah Indonesia. Bahkan, keduanya mampu menyesuaikan diri dengan segala jenis tanah asalkan tanahnya subur, gembur, dan banyak air. Kedalaman air tanah yang masih bisa ditolerir hanya sampai 200 cm.
Jambu lilin hijau menyukai curah hujan rendah dengan musim hujan tidak lebih dari delapan bulan. Untuk jambu air, ketinggian tempat yang dikehendaki agar bisa tumbuh baik ialah dataran rendah dan dataran tinggi sampai 1.000 m di atas permukaan laut.

JAMBU LILIN MERAH

Jambu Lilin Merah

Tiga jenis jambu air yang terkenal memiliki cita rasa manis adalah jambu Citra, Jambu Lilin, dan Jambu Black Diamond
Jambu lilin merah sangat terkenal dengan rasa buahnya yang manis, bahkan pada saat buahnya masih pentil. Bila buahnya muncul di musim kemarau, daging buahnya padat dan tidak bergabus. Jenis ini merupakan introduksi dari Bangkok. Masa produksinya tidak terbatas, sepanjang tahun. Bentuk buah memanjang dengan permukaan licin. Diameter buah sekitar 4 cm dengan panjang 7-10 cm. Jenis ini tidak memiliki biji.
Dengan rasanya yang rata-rata manis segar dan mengandung banyak air, akhirnya jambu air menjadi salah satu buah yang sangat digemari masyarakat. Banyak orang memanfaatkan buah jambu air sebagai buah pelepas dahaga.








JAMBU SUKALUYU

Jambu Air Sukaluyu

Tampilan jambu air lokal yang tidak saja tampil cantik tampil dengan tonjolan guratan yang eksotik tetapi juga membuat siapa saja yang melihat ingin mencicipi rasa manis dan menyegarkan adalah jambu air Sukaluyu
Jambu lezat ini dinamakan Sukaluyu karena konon indukan pohon ini berasal daerah Sukaluyu,  salah satu kelurahan di Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

JAMBU BLACK KINGKONG

Jambu Air Black Kingkong

 Tidak ada yang lebih menggembirakan bagi pecinta tanaman selain melihat koleksi tanamannya tumbuh subur dan menghasilkan bunga atau buah. Nah, sekarang bayangkan seandainya Jambu Balck Kingkong yang gede dan ranum ini ada di depan rumah Anda? Wuihhhhhh…pingin metik aja!!
Bersama ‘saudaranya’ Black Diamond, Jambu air Black King Kong dan jambu air Black Diamond adalah 2 jambu air bersaudara asal Taiwan yang telah menjadi unggulan ekspor tak tertandingi sampai saat ini dari negara tersebut ke beberapa negara Asia Timur.
Atribut penamaan ‘Black’ pada jambu air Black Kingkong berasal dari warna buah yang merah gelap. Warna gelap ini mungkin hanya bisa disaingi oleh saudaranya Black Diamond.
Tanaman jambu air Black King Kong dapat berbunga dan berbuah sebanyak 2 kali dalam setahun (Juli dan September) dan buahnya masak pada Agustus dan Nopember.
Seperti umumnya tanaman jambu air, jambu air Black King Kong menyukai media tanam yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Untuk tabulampot, media tanam seperti ini dapat dibuat dengan mencampurkan pupuk kandang ayam yang telah difermentasi fermented chicken manure, pasir, sekam/serbuk gergaji, kapur dolomit, dan jika perlu ditambahkan pupuk majemuk NPK.
 Untuk memiliki koleksi tabulampot jambu air Black Kingkong yang subur dan produktif, pemupukkan tanaman dapat dilakukan 2 kali setahun. Pemupukan dilakukan sebelum tanaman berbuah dan saat buah tumbuh seukuran telur puyuh.
Untuk pot berdiameter 40Cm, pemupukan sebelum tanaman berbuah dilakukan dengan memberikan 1 kg fermented chicken manure  yang dicampur dengan 1 sendok makan pupuk urea. Pemupukkan ini bertujuan untuk menyuburkan tanaman sehingga daun dapat memproduksi deposit karbohidrat yang diperlukan tanaman untuk memasuki masa generatifnya. Pemupukan buah dilakukan dengan memberikan pupuk PK tinggi atau pupuk majemuk NPK  6-13-25 sebanyak 1 sendok makan.
Jika Anda termasuk penggemar tanaman organik, Pupuk Phosphat Lengkap TURRIMA yang dikombinasikan dengan penyemprotan pupuk-hormon Hantu / Ratu Biogen dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan pupuk kimia.  Disarankan melakukan penyemprotan pupuk-hormon Hantu/Ratu Biogen yang diselingi dengan pemberian pupuk organik dan pupuk hayati EM4 dengan interfal waktu 1 bulan sekali.

JAMBU BLACK PEARL

Jambu Air Black Pearl

Walaupun menyandang nama Black Kingkong, tetapi jambu air Black Kingkong bukanlah varietas jambu air berukuran besar dari Taiwan, Black Pearl lah yang sebenarnya merupakan si raksasa java apple dari negeri pecahan Cina daratan itu. Berat jambu airBlack Pearl dapat mencapai 150 – 250 gram perbuahnya, bandingkan dengan dengan jambu Cincalu yang hanya 100 gram perbuahnya. Dengan ukuran bobot seperti ini maka dalam 1 kilogram-nya, timbangan jambu air Black Pearl hanya akan berisi 4 -5 buah jambu air saja.
Jambu air Black Pearl memiliki daging buah yang tebal dan berbiji besar. Tingkat warna ‘kemerahan’  dari jambu ini dapat dijadikan indikator kemanisan rasa, semakin merah kehitaman warna  kulit dan daging luar buahnya, maka kandungan gula – fruktosa di dalam buah semakin tinggi pula.
Menurut dugaan Shu Zen Hong, seorang profesor hortikultura Taiwan, sejarah jambu air Black Pearl tidak bisa lepas dari daerah bernama Srondol di Semarang yang merupakan asal dari jambu air tersebut. Di Taiwan, jambu asal Semarang yang ditanam di dataran rendah mengalami mutasi menjadi jambu air Black Diamond, sedangkan yang ditanam di dataran tinggi menjelma menjadi jambu air Black Pearl.
Jambu air Black Pearl adalah merupakan salah satu buah berharga sangat mahal dan sangat disukai oleh bukan saja rakyat Taiwan tetapi juga oleh rakyat Jepang dan Korea. Karena tingginya permintaan jambu air ini dari Jepang dan Korea, maka pada tahun 2000 tak kurang dari 8000 Ha lahan di Taiwan telah ditanami jambu air Black Pearl. Di Taiwan sendiri, buah jambu air Black Pearl dijual dengan harga yang dapat mencapai US$10/kg atau sekitar Rp 90.000,- an perkilonya dengan kurs dibulan November 2010, dengan nilai ekonomis seperti ini maka Black Pearl pantas dijual dalam kotak bersekat dimana setiap 1 buah mutiara hitam dibungkus styrofoam, mengisi setiap sekatnya.
Diambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar